Ruang Kerja yang Nyaman di Rumah

8 Tips Menciptakan Suasana Ruang Kerja yang Nyaman di Rumah

Hobi

8 Tips Menciptakan Suasana Ruang Kerja yang Nyaman di Rumah – Masa pandemi membuat para pekerja kantoran ikut merasakan dampaknya. Semua kegiatan yang biasanya dilakukan diluar rumah kini harus dilakukan di dalam rumah. Ini mungkin adalah situasi yang cukup membosankan jika seseorang tidak suka hanya berdiam diri dirumah dan menyendiri. Namun apalah daya karena situasi yang tidak memungkinkan ini terjadi maka mau tidak mau kita harus merasakan dampak dari pandemi. 

Bekerja dari rumah tidak seburuk yang Anda bayangkan, jika Anda mampu membangun suasana yang nyaman untuk tempat atau ruang kerja Anda. Anda bisa memulai dengan cara menciptakan ruangan kerja yang nyaman. Ini adalah langkah awal agar Anda tetap merasa nyaman meski hanya didalam rumah. Bagaimana cara menciptakan suasana nyaman? Kami akan memberikan cara membuat lingkungan kerja yang nyaman.

Tips Menciptakan Suasana Ruang Kerja

Tentukan konsep ruangan kerja

Ketika Anda memilih untuk menjadikan ruangan yang tidak terpakai menjadi ruang kerja Anda. Anda harus menetapkan ide kreatif untuk membuat ruang kerja terasa nyaman dan memberikan dorongan untuk diri sendiri menyelesaikan pekerjaan. Misalnya, jika Anda menyukai tipe ruangan dengan tema monokrom. Anda harus sudah mulai mencari referensi dekorasi, cat, dan perlengkapan pendukung dalam  bekerja dengan warna berkonsep monokrom. Ketika Anda mulai kebingungan untuk mencari interior yang Anda inginkan, Anda bisa mencari inspirasi lewat situs google. Disana Anda bisa mencari  tips menata ruang kerja simple dan nyaman. 

Ukuran Ruangan

Jika Anda sudah memutuskan untuk mendesain ruang kerja sendiri, hal yang tak kalah penting kamu lakukan adalah melihat dan mengukur Ukuran ruang kerja yang akan Anda gunakan. Perhatikan tata letak jendela, pintu, lantai, kabel listrik, kabel telepon,dan lampu. Setelah Anda sudah menemukan denah yang tepat, Anda beralih pada peralatan dan perabotan yang sesuai dengan kebutuhan. 

Pilih Meja dan Kursi yang Nyaman 

Dalam menciptakan suasana kerja yang nyaman, Anda perlu memilih barang dan peralatan yang sekiranya membuat Anda betah dan nyaman bekerja. Salah satunya yaitu pemilihan kursi dan meja kerja. Kursi dan meja kerja sangat penting dalam hal kenyamanan. Karena seperti yang Anda tahu jika bekerja didepan komputer pasti sangat membosankan. Pengaruh kursi dan meja sangatlah penting karena itu menentukan Anda betah atau tidak dengan kursi yang Anda gunakan. Jika kursi atau meja yang Anda gunakan tidak nyaman maka Anda tidak akan tahan berlama-lama duduk di kursi tersebut. Itulah pentingnya memilih meja dan kursi yang nyaman untuk ruang kerja pribadi Anda di rumah. 

Membuat Tempat Menyimpan Barang Yang Cukup

Selain memilih dan menata meja kursi, Anda juga perlu menata ruang penyimpan berkas dan peralatan kerja. Besar kecilnya ruang penyimpanan tergantung berapa banyak space untuk berkas yang diperlukan. Jika Anda membutuhkan tempat penyimpanan yang besar untuk berbagai file pekerjaan, bisa memasang sebuah rak buku kecil di samping meja atau sebuah kabinet di dekat meja.

Beri Sentuhan Dekorasi

Agar menghindari rasa bosan dan juga jenuh Anda dalam ruang kerja, Anda bisa menambahkan beberapa dekorasi pada dinding ruang kerja Anda. Ini bisa menambah kesan elegan dan juga ceria dalam ruangan kerja yang monoton atau kosong. Jadi Anda mungkin akan sedikit terhibur melihat beberapa figuran atau lukisan yang anda pasang. 

Letakan Tanaman 

Tanaman adalah salah satu ide menarik untuk diletakkan pada ruangan kerja Anda. Ini akan menambah kesan fresh dan juga nyaman untuk Anda. Selain itu, menambahkan tanaman pada ruang kerja akan menambah dekorasi untuk ruangan kerja Anda agar terlihat lebih bagus. 

Gunakan Pencahayaan Alami

Penataan jendela menjadi salah satu poin penting. Mungkin anda memilih lampu untuk menjadi pencahayaan dalam ruangan kerja Anda. Namun perlu Anda ketahui pencahayaan sinar matahari pagi hari dapat membuat pikiran rileks dan bekerja menjadi lebih santai. Maka Anda perlu menata letak jendela agar sinar matahari bisa masuk ke ruangan Anda. 

Tambahkan Karpet

Setelah semua komponen sudah tertata, Anda bisa menambahkan sentuhan terakhir pada lantai ruang kerja Anda dengan karpet. Ini bisa menjadi dekorasi untuk membingkai ruang kerja Anda.