Tips Diet Sehat Terbaik di Jamin Sukses Menurunkan Berat Badan

8 Tips Diet Sehat Terbaik di Jamin Sukses Menurunkan Berat Badan

Kesehatan

8 Tips Diet Sehat Terbaik di Jamin Sukses Menurunkan Berat Badan – Siapa yang tidak ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal dan proporsional? Selain menyenangkan melihat, tentu saja akan membuat badan terasa ringan karena tidak ada lemak jahat yang menempel pada tubuh terutama bagi wanita yang menginginkan bentuk tubuh ideal dan menarik bagi pria. Ada banyak cara diet tidak sehat yang justru membuat Anda sakit dan tersiksa. Namun ada banyak cara diet sehat dan cepat dijamin membuat tubuh Anda lebih menarik dan ringan.

Diet selain menjadi pilihan untuk menurunkan berat badan, juga bisa membuat tubuh cantik dan jauh dari kata obesitas dimana tubuh akan terlihat gemuk tetapi rentan terhadap berbagai jenis penyakit. Tubuh obesitas akan menyusahkan diri mereka sendiri dan orang lain.

Cara diet yang benar adalah bagaimana kita mempertahankan pola makan yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga harus seimbang antara protein, karbohidrat, atau mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda juga dapat mengganti bahan makanan utama yang biasanya dimakan dengan bahan makanan lain yang memiliki kandungan setara dengan makanan utama itu sendiri.

Tips Diet Sehat Dan Dijamin Kehilangan Berat Bada

Makan perlahan

Menurut pekerja klinis sosial dan psikoterapis berlisensi dari New York City, Janet Zinn, makan perlahan memungkinkan Anda untuk menikmati lebih banyak makanan. Selain makan perlahan, juga penting dipraktikkan sebagai bagian dari diet sehat adalah makan di meja makan, hindari gangguan seperti menonton televisi, dan memilih makanan padat nutrisi.

Rekam makanan dan minuman yang diasup

Pendiri dan CEO perusahaan kebugaran dan kesehatan, Christine King, mengatakan bahwa sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mencatat makanan dan minuman yang dikonsumsi secara efektif membantu menurunkan berat badan dan menjadi bagian dari diet sehat. Seorang klien berhenti merekam makanan dan minuman yang diasup selama seminggu pada akhirnya mengalami kenaikan berat badan hingga 5 kg. Selain itu, merekam makanan dan minuman yang di asup juga bisa menjadi diet sehat karena Anda menjadi tahu asupan nutrisi dan kalori yang dikonsumsi.

Jangan lewatkan waktu makan

Beberapa orang berpikir bahwa melewatkan makanan akan membuat mereka memiliki lebih sedikit kalori sehingga bisa menjadi cara cepat untuk ramping. Itu adalah asumsi yang salah. Menurut ahli gizi yang terdaftar dari Texas, Angela Lemond, RDN, tubuh membutuhkan energi. Tubuh kita tahu segala jenis makanan gizi padat dan membutuhkannya. Melewati makan sebagai gantinya akan membuat kita rentan terhadap perilaku makan berlebihan dan lebih berisiko kurangnya nutrisi dan dipengaruhi oleh penyakit.

Selesaikan diet sehat dengan banyak gerakan

Banyak orang merasa terbebani memiliki latihan dalam durasi yang lama. Bahkan, olahraga ringan yang sering dilakukan dan rutin dapat memberikan efek positif pada orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Kegiatan ini adalah pelengkap ketika Anda ingin menerapkan diet sehat. Penting juga untuk merekam kegiatan olahraga yang dilakukan. Menurut berita medis, sebuah penelitian menemukan bahwa pelacakan aktivitas fisik yang konsisten dapat membantu menurunkan berat badan. Sementara itu, studi menemukan korelasi positif antara kebiasaan memantau asupan makanan dan olahraga dengan kemajuan dalam penurunan berat badan. Kita bahkan dapat menggunakan perangkat sederhana, seperti pedometer atau aplikasi perekam kalori pada ponsel.

Minumlah air dalam bentuk yang cukup

Menurut penasihat nutrisi, Megan Casper, RDN, penelitian membuktikan bahwa orang yang minum dua gelas air sebelum makan dapat makan dengan jumlah yang lebih sedikit daripada yang tidak. Tentu saja, ini sejalan dengan target yang mencari diet sehat. Rasa haus merupakah salah satu bentuk kelaparan dalam tubuh. Saat makan dalam kondisi tubuh yang haus, kita akan cenderung makan lebih banyak. Sementara jika Anda memulai sesi makan dengan meminum dua gelas air, Anda akan tertipu dan makan lebih sedikit.

Hindari minuman berkalori tinggi

Bijaksana dalam memilih kalori yang dibutuhkan saat diet juga merupakan kunci untuk diet sehat. Minuman teh susu Segenth Boba, misalnya, menurut informasi nilai gizi dapat mengandung sekitar 160 kalori. Jika minum boba, kita sering lapar dan mencari makanan lain. Bahkan, kalori 100 gram nasi putih dengan telur dadar tidak mencapai 300 kalori dan cukup mengisi. Menurut Brittany, RDN, hubungan antara minuman gula tinggi dan kenaikan berat badan telah diselidiki bahwa pengurangan asupan gula tinggi dapat membantu menurunkan berat badan, bahkan jika kita hanya mengurangi secara bertahap.

Tingkatkan serat paling banyak

Meningkatnya konsumsi sumber serat dapat meningkatkan perasaan kenyang sehingga lebih mudah untuk membantu menurunkan berat badan dengan pola diet yang sehat. Beberapa makanan serat tinggi seperti roti, gandum, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, hingga biji-bijian. Kita dapat membuat menu nutrisi padat seperti pasta gandum porsi kecil dengan brokoli, udang, bawang putih, dan jus lemon.

Kurangi membeli makanan di luar untuk keberhasilan diet sehat

Makanan yang Anda beli cenderung tinggi kalori dan nutrisi rendah. Ini tidak sejalan dengan rencana diet yang sehat. Selain itu, ketika membeli makanan, Anda tidak tahu rempah-rempah apa yang digunakan di dalamnya, termasuk jika penjual memasukkan banyak garam atau gula ke dalam masakan. Sebuah studi yang diterbitkan pada bulan April 2016 di Journal of the Academy of Nutrition dan Dietetics menemukan bahwa rata-rata makanan di restoran berisi lebih dari 1.000 kalori daripada makanan yang dimasak dengan sendirinya di rumah, serta natrium dan lemak tinggi. Jika Anda benar-benar ingin membeli makanan dari luar, Anda dapat meminta pilihan yang lebih sehat, misalnya, meminta sayuran tambahan atau mengurangi garam. Dengan cara di atas nanti Anda akan merasakan hasil efek dari diet sehat yang cepat. Selain itu menu diet sehat juga perlu diperhatikan antara karbohidrat dan asupan protein untuk seimbang dan dapat memenuhi 4 sehat lima sempurna. Makan buah-buahan untuk diet juga sangat direkomendasikan bagi metabolisme tubuh.

Buah yang bagus untuk diet adalah buah mengandung banyak serat dan air sehingga kalori juga terpenuhi, buah ini cocok untuk diet sebagai berikut:

4 Buah Yang Cocok Untuk Diet

1. Apel

Apel dikenal sebagai camilan tepat bagi siapa saja yang menjalani program untuk menurunkan berat badan. Apel mengandung 85 persen air dan 5 gram serat. Kandungan air dan serat ini dapat menjaga kadar gula darah stabil dan membuat Anda tidak lapar dengan cepat. Keuntungan lain dari Apel yaitu memiliki kandungan flavonoid yang disebut quercetin. Antioksidan ini juga diperkirakan dapat melawan berbagai jenis kanker, mencegah kerusakan sel, dan memelihara fungsi paru-paru dan jantung.

2. Grapefruit

Buah untuk diet yang satu ini lebih umum dikenal sebagai Jeruk Bali atau Pomelo Oranye. Buah ini dapat menurunkan berat badan dengan memberikan efek kenyang yang lebih lama, terutama bagi mereka yang berisiko terkena diabetes. Konsumsi buah grapefruit sebelum makan secara rutin selama tiga bulan, diperkirakan mengurangi berat hingga 1,5 kg. Buah ini juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah berhati-hati ketika Anda makan buah ini saat menjalani perawatan. Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah buah ini dapat mempengaruhi efek obat yang dikonsumsi.

3. Alpukat

Alpukat mengandung lemak baik seperti asam oleat yang merupakan lemak tak jenuh tunggal. Jumlah kandungan lemak baik dalam buah ini bermanfaat untuk menunda rasa lapar. Selain memberikan efek kenyang, alpukat juga dapat mengontrol kadar gula darah. Lemak dalam alpukat baik untuk kesehatan jantung dan dapat menurunkan kadar kolesterol darah serta meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL). Alpukat kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Dalam 100 gram buah alpukat mengandung sekitar 7 gram serat, 15 gram lemak, folat, dan vitamin B6.

4. Pisang

Pisang dianjurkan sebagai buah untuk diet, karena dapat menunda rasa lapar dan meningkatkan metabolisme. Selain itu, pisang merupakan buah yang bebas dari lemak, kolesterol, dan rendah sodium, namun kaya akan vitamin dan mineral. Bagi siapa saja yang sedang menjalani program penurunan berat badan, cobalah untuk mengkonsumsi berbagai buah-buahan untuk diet. Selain konsumsi buah untuk diet Anda, Anda juga perlu makan makanan bergizi dan gaya hidup sehat dengan berolahraga secara teratur, berhenti merokok, dan membatasi konsumsi minuman beralkohol dalam rangka mendukung keberhasilan diet. Untuk menemukan lebih banyak pilihan buah untuk diet atau diet yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, konsultasikan dengan dokter Anda. Dengan demikian, berat badan yang ideal juga bisa Anda dapatkan bersamaan dengan kesehatan fisik yang dapat dipertahankan. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, total asupan kalori harian dan pengeluaran harus kurang dari kalori per kebutuhan sehari. Sebaliknya jika Anda ingin menambah berat badan, Anda perlu mengkonsumsi lebih banyak kalori. Jika total kalori setiap hari dari asupan gizi dan keluar dari aktivitas Anda setara fisik untuk kebutuhan kalori per hari, berat badan Anda akan seimbang.

Namun, mengurangi kalori tidak berarti Anda harus merasa lapar, ya. Beberapa perubahan dalam diet dan gaya hidup sehat dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Cara Hidup Sehat

Makan lebih banyak protein

Menambahkan protein untuk diet Anda adalah hal yang paling sederhana dan cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa protein dapat meningkatkan laju metabolisme dan membakar lebih banyak kalori. Diet tinggi protein dikenal dapat membakar 80 hingga 100 kalori per hari. Makan asupan protein juga terbukti melawan nafsu makan yang berlebihan sehingga mengakibatkan penurunan berat badan secara efisien. Tapi jangan lupa, Anda masih harus menyeimbangkan asupan protein dengan konsumsi serat dan vitamin dari buah atau sayuran.

Hindari minuman yang mengandung gula

Efek berbahaya dari konsumsi gula berlebihan tidak hanya kenaikan berat badan, tetapi juga penurunan kesehatan secara keseluruhan dan kenaikan risiko berbagai penyakit. Salah satunya adalah diabetes. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda disarankan untuk membatasi asupan makanan manis dan minuman tinggi gula, termasuk permen, kemasan coklat, soda, jus buah, dan susu cokelat.

Minum lebih banyak air

Cara lain yang sederhana untuk menurunkan berat badan adalah dengan minum banyak air. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi cukup air dapat meningkatkan metabolisme. Minum 2 liter air atau sekitar 8 gelas air per hari bisa membakar sekitar 96 kalori.

Mengurangi asupan karbohidrat

Mengurangi asupan karbohidrat juga merupakan cara yang sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat membakar kalori 2 kali lebih banyak daripada diet rendah lemak.

Latihan

Berolahraga sangat penting dalam proses menurunkan berat badan karena dapat membakar kalori, mempertahankan otot, dan meningkatkan metabolisme tubuh. Jika Anda merasa sulit untuk mengurangi asupan kalori dari makanan, Anda dapat mengurangi asupan kalori dengan membakarnya melalui olahraga. Anda dapat melakukan berbagai variasi olahraga, termasuk latihan beban. Jika Anda tidak dapat pergi ke gym, cobalah Anda melakukan latihan sendiri di rumah, seperti duduk, jongkok, tarik ke atas atau push up.

Sekarang ada banyak alat atau aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu menghitung kebutuhan kalori per hari. Jika perlu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk menurunkan berat badan dengan menjaga asupan kalori sesuai dengan kebutuhan kalori per hari.

Untuk mengurangi berat badan, ada banyak jenis diet yang dapat dilakukan. Salah satu diet ini adalah diet VLCD (very low-calorie diet) yang membatasi kalori dalam jumlah besar. Namun, diet ini tidak disarankan untuk dilakukan dalam jangka panjang karena berisiko membawa berbagai masalah kesehatan.