10 Menu Makanan Sehat Dengan Gizi Seimbang Untuk Si Kecil

10 Menu Makanan Sehat Dengan Gizi Seimbang Untuk Si Kecil

Makanan

10 Menu Makanan Sehat Dengan Gizi Seimbang Untuk Si Kecil – Menu sehat sangat dibutuhkan oleh si kecil. Hal ini dikarenakan makanan memiliki pengaruh langsung terhadap perkembangan maupun pertumbuhannya. Sehingga, makanan untuk Si kecil sangat penting untuk diperhatikan. Meskipun sebenarnya, mengajak Sang anak untuk makan memiliki tantangan tersendiri.

Terdapat beberapa macam menu sehat yang dapat Bunda sajikan untuk si kecil. Dari mulai menu yang simple hingga dibutuhkan beberapa bahan. Bahkan jika Bunda sedang repot, makanan sehat dan bergizi tersebut dapat dibeli dengan mudah. Namun, jika Bunda ingin memasaknya sendiri, menu di bawah ini dapat dicoba!

1. Bistik Daging Brokoli

Menu ini merupakan campuran dari dua bahan utama. Yakni sayur brokoli dan daging sapi. Seperti yang diketahui bahwa brokoli memiliki vitamin C, Vitamin A, Kalsium, Zat Besi, Seng, dan lain sebagainya. Dimana Kandungan tersebut sangat bagus untuk anak. Ditambah dengan daging sapi yang tinggi akan serat.

Tentu, menu sehat untuk anak ini sangat baik untuk tumbuh kembang Si Kecil. Makanan ini cocok disajikan untuk makan siang. Namun, usahakan memasak sesuai porsi yang dibutuhkan saja. Pasalnya, jika di hangatkan kembali, dikhawatirkan manfaatnya pun tidak maksimal. Hal ini dikarenakan sayur sebaiknya tidak dihangatkan kembali untuk dikonsumsi.

2. Perkedel Tahu Kornet

Makanan ini dapat Bunda sajikan sebagai menu sehat untuk anak susah makan. Pasalnya, rasa makanan ini sangat lezat. Ditambah makanan ini pun baik untuk dikonsumsi oleh Si kecil. Bahkan, selain dijadikan lauk, makanan ini dapat Bunda jadikan sebagai cemilan yang mengenyangkan untuk Sang buah hati.

Sehingga, jika Si Kecil tidak mau makan, sesekali Bunda dapat memberikan makanan ini saja. Namun, dalam porsi yang secukupnya saja. Sebenarnya, cara pembuatannya pun hampir sama dengan perkedel yang terbuat dari bahan telur dan kentang. Perbedaannya, hanya di bahan dan cita rasa nya saja.

3. Nasi Goreng Ayam Keju

 Jika Si kecil bosan dengan nasi putih, Bunda dapat menyajikan menu sehat untuk anak sekolah ini. Selain untuk sarapan, makanan ini cocok untuk dijadikan bekal untuk makan siang di sekolah. Terutama di masa sekarang ini. Sehingga kebutuhan gizi untuk Si Kecil haruslah dipenuhi. Selain itu, makanan ini pun dapat disajikan untuk makan malam.

 Terutama jika Bunda sedang memiliki banyak aktivitas, hal ini tentu menyebabkan waktu untuk memasak sangat pendek. Maka, menu sehat ini dapat dijadikan alternatif karena membuatnya pun cukup mudah. Sama seperti penyajian nasi goreng pada umumnya. Hanya saja, pada hidangan ini ditambahkan keju, suwir ayam, dan aneka sayuran.

4. Ayam Goreng Tepung Kedelai

Menu masakan ini sangat cocok untuk disajikan bagi Si Kecil yang sangat menyukai ayam. Pasalnya, masakan ini menggunakan ayam sebagai bahan utamanya. Selain itu, ayam ini agak berbeda karena disajikan dengan tepung kedelai yang memiliki zat besi maupun serat yang tinggi.

Dimana zat besi sangat berpengaruh untuk menunjang metabolisme, pertumbuhan, maupun perkembangan Si Kecil. Dengan kata lain, kandungan ini memang memiliki peranan yang sangat penting untuk masa pertumbuhan anak. Selain itu, serat yang tinggi pun dapat membantu Kesehatan pencernaan, memperkuat imunitas, dan lain sebagainya.

5. Sup Sayur Udang

Menu masakan sehari hari agar tidak bosan ini cukup simple. Pasalnya, Bunda hanya membutuhkan beberapa bahan saja. Selain itu, makanan ini sangat cocok untuk si kecil yang bosan dengan udang yang digoreng saja. Makanan ini pun sangat baik karena memiliki protein yang tinggi dan kaya akan nutrisi,

Bunda dapat membeli udang segar di supermarket terdekat. Selain itu, jika ingin men-stock nya, pastikan udang disimpan di freezer. Namun, pastikan bersihkan terlebih dahulu dan buang kepalanya. Hal ini dilakukan agar, udang tidak cepat menghitam dan mengeluarkan aroma yang tidak enak.

6. Ikan Salmon Bakar

Ikan ini sangat bagus untuk anak. Sehingga sangat tepat dijadikan menu sehat untuk Si Kecil. Kandungan omega-3 akan sangat membantu untuk mendukung perkembangan anak. Untuk membuat sajian ini cukup simple. Untuk memasaknya, dibutuhkan waktu 10-15 menit.

Untuk bumbunya, Bunda pun hanya membutuhkan garam dan lada saja. Sebaiknya, pastikan terlebih dahulu tidak ada tulang ikan di dalam daging ikan salmon. Sehingga menu sehat ini, dapat dikonsumsi oleh Si Kecil tanpa masalah.

7. Martabak Ikan Tuna

Menu sehat ini sepertinya cukup unik. Pasalnya, membuat martabak dari ikan. Dimana biasanya martabak dibuat dengan menggunakan telur atau tepung terigu sebagai bahan dasarnya. Menu ini dapat Bunda coba untuk cemilan Si Kecil. Bahkan dapat dijadikan sebagai lauk untuk makan.

Untuk membuatnya, bunda hanya perlu menyiapkan lembar martabak yang sudah jadi, ikan tuna, telur, dan bumbu lain yang dibutuhkan sesuai dengan selera. Pastikan agar martabak ini dikonsumsi oleh Sang Buah Hati sudah dalam keadaan tidak terlalu panas. Pasalnya, ini akan membuat lidah Si Kecil bermasalah.

8. Scramble Egg Susu

Menu sehat ini sebenarnya lebih praktis dibuat. Namun, sajian makanan ini memiliki nilai gizi yang sangat baik untuk Si Kecil. Bahkan saking simpelnya, masakan ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Ditambah dengan kandungan telur yang baik untuk kesehatan mata dan memperkuat sistem imun. Ini tentunya karena telur memiliki kandungan Vitamin A, protein, Zeaxanthin, dan antioksidan. Untuk bahan utamanya, Bunda hanya memerlukan telur dan susu cair secukupnya.

9. Tumis Bayam

Menu sehat untuk sang buah hati sangat baik untuk meningkatkan imun tubuh. Pasalnya kaya akan mineral, vitamin, dan kandungan lainnya yang baik untuk memenuhi gizi Si kecil. Untuk membuatnya pun cukup mudah. Bunda hanya perlu bayam secukupnya, bawang merah dan bawang putih, garam, lada, minyak goreng, dan air. 

Selain itu, bunda hanya perlu merebus bayam sampai matang, sebelum akhirnya di tumis. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak dan usahakan minyak yang digunakan adalah minyak baru. Sehingga, kandungan lemak jenuhnya pun tidak terlalu banyak. Bunda dapat menjadikan sajian ini sebagai makan siang maupun makan malam.

10. Sup Misoa Tahu

Menu sehat ini hampir sama dengan sop lainnya yang akan menggugah selera si kecil. Selain itu, kandungan dari tahu diklaim dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk cara membuatnya pun sangat praktis. Dengan begitu, Bunda tidak perlu waktu yang banyak untuk memasaknya. Lalu apa saja bahan utama dalam membuat sup misoa tahu ini?

Bahan utamanya terdiri dari tahu putih, misoa, wortel, dan kaldu jamur. Cara memasak sup ini pun cukup mudah, karena sama seperti cara memasak sup pada umumnya. Dimana terlebih dahulu, memasukan seluruh bahan yang memiliki tekstur keras ke dalam air yang mendidih. Barulah menambahkan yang lainnya beserta bumbu sehingga lebih lezat.